Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown

Di era modern ini, semua kemajuan teknologi berkembang begitu pesat termasuk smartphone. Ya, smartphone memang salah satu bukti dari kemajuan teknologi sekarang. Semua orang memburu smartphone yang menyediakan fitur-fitur canggih yang disediakannya. Tak heran jika pengguna smartphone saat ini cukup banyak dan tersebar disemua kalangan.
 
Smartphone banyak sekali menyediakan fitur atau layanan yang berhubungan dengan internet seperti aplikasi chatting: BBM, Line, Instagram, Whatsapp dan lainnya. Untuk menjelajahi akses semua aplikasi chatting tersebut tentunya membutuhkan koneksi internet (kuota). Tak heran jika semua orang yang mempunyai smartphone rasanya terasa hambar jika tidak memiliki kuota untuk ber-internet ria.
 
Namun, sebagian pengguna smartphone mengeluh akibat kuota yang digunakan cukup boros sehingga mereka harus berfikir dua kali untuk mengakses internet. Apa ada cara untuk menghemat penggunaan kuota di smartphone seperti android dan IOS? Tentu saja ada. Penasaran? Simak Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone berikut ini:
 
1. Matikan Jaringan atau Data Seluler
Banyak sekali pengguna smartphone yang mengabaikan cara ini. Banyak diantara mereka menganggap sepele hal ini. Namun, tahukah kalian jika data seluler atau jaringan internet dihidupkan, maka semua aplikasi chatting seperti BBM, Line, Instagram atau lainnya akan terus terhubung sehingga menghabiskan kuota kalian.
 
Lalu, jika saya mematikan data seluler atau jaringan (koneksi) internet berarti saya tidak bisa terhubung ke aplikasi tersebut? Ya, jika kalian me-nonaktifkan data seluler kalian itu artinya kalian tidak bisa terhubung untuk sementara waktu hingga data seluler diaktifkan kembali. Jika smartphone sedang tidak digunakan, nonaktifkanlah data seluler/koneksi internet dan jika ingin menggunakannya lagi (terutama akan menggunakan akses internet), hidupkanlah kembali jaringan internet. Lebih bijaklah dalam menggunakan smartphone.
 
2. Gunakanlah Sosial Media Dengan Sewajarnya 
Di sosial media memang ramai dihuni oleh penggunanya. Tapi, adakalanya akun kita sepi tanpa pesan dan pemberitahuan. Jika kalian berada di situasi seperti itu, tutuplah akun sosial media tersebut dan ikuti poin nomor 1 yaitu menonaktifkan jaringan internet jika sudah tidak dipakai.
 
3. Gunakanlah Wifi 
Fitur yang tersedia di smartphone memang banyak sekali seperti contohnya wifi. Jika dilingkungan kalian terdapat wifi, gunakanlah wifi tersebut. Sangat disayangkan sekali jika fitur wifi ini tidak digunakan ketika kita mempunyai kesempatan untuk memakainya. Dengan wifi kita bisa berinternet ria tanpa menghiraukan kuota yang kita punya. Cara seperti ini cukup efektif dalam menghemat kuota internet.
 
4. Mengubah Mode Jaringan 
Di smartphone, kita bisa mengubah mode jaringan dari 2G menjadi 3G. Walaupun jaringan 2G terbilang cukup lelet dalam mengakses internet, namun cara ini cukup efektif pula untuk menghemat kuota internet di smartphone kesayangan. Menggunakan jaringan 2G memang tak secepat 3G saat berinternet. Namun pelu kalian ketahui bahwa semakin cepat jaringan yang diperoleh maka semakin boros pula kuota internet yang digunakan.
 
Dalam perkembangannya, saat ini sudah tersedia layanan jaringan terbaru yakni jaringan 4G LTE yang hanya terdapat di smartphone tertentu dan jaringan tersebut belum bisa dijangkau disemua daerah. Tentunya jaringan 4G LTE ini adalah jaringan tercepat jika dibandingkan dengan 2G dan 3G. Pemborosan kuotanya pun akan sangat terasa bagi penggunanya.
 
Mungkin hanya itu yang dapat saya share, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Erespe Online - Games and Technology Information - Powered by Blogger | Disclaimer | Privacy Policy | Contact | About | Sitemap